Sabtu, 08 Maret 2008

SETELAH LIMA TAHUN

Mentari masih tak terlalu tinggi tergantung di cakrawala timur. Sinarnya terasa nyaman menghangatkan tubuhku yang sudah beraktivitas di halaman depan menikmati segarnya pagi. Tak biasanya aku bangun sepagi ini. Aku sambut hari ini dengan sedikit pengharapan di hati. Walau aku tahu itu hanya pengharapan kosong semata. Tapi aku tak pernah berhenti untuk berharap. Hidup tak akan berarti tanpa harapan dan impian untuk diwujudkan.

Dengan teliti aku bersihkan setiap sudut sepeda motorku, ku cuci sampai bersih dan mengkilat. Ini aku lakukan hanya kalau ingin ke rumah cewe. Dan kali ini dia adalah seorang cewe yang paling istimewa buatku. Maka semuanya serba tak biasa. Setengah jam kemudian aku sudah rapi di depan cermin walau ku lihat ada jerawat di ujung bibir bawahku. Aku rapikan rambutku dan tak lupa juga aku semprotkan cologne murahan ke ketiakku. Walau murahan gak papa. Biar gak Burket!!!!!

Aku pun berpamitan, “ Buk, aku ke Sidoarjo. Ke rumahnya Kartini “

Entah berapa lama waktu perjalananku hingga sampai ke rumahnya. Sepanjang jalan aku hanya bertarung melawan rasa nervous yang terus saja membekapku. Motor yang biasa ku pacu kencang, saat itu terasa lambat merambat.

Aku hentikan motorku di depan pintu besi rumahnya. Aku turun untuk memastikan ia ada di rumah atau tidak. Sesaat kemudian muncul seorang gadis cantik walau tanpa senyum di wajahnya. Entah bagaimana cantiknya jika dia tersenyum. Terus terang saja, jarang sekali aku melihatnya tersenyum untukku. Yang sering ku lihat adalah senyum yang tertahan di hatinya.

“ Masuk saja. Ngapain kamu di luar??? “ sapanya dingin.
Tapi aku sudah terbiasa dengan itu. Aku pun memarkir sepeda motorku di halaman rumahnya.
“ Lagi ngapain, Tin?? “ tanyaku.
“ Cuci baju “
“ Ada perlu apa kemari?? “ lanjutnya.
“ Cuma mampir. Aku mau men-scan beberapa foto di warnet yang dulu “
“ Emang di tempat kamu gak ada? “
“ Ada sih... tapi hasilnya jelek “

Setelah membereskan cuciannya, dia pun beranjak ke kamar mandi.

“ Aku mandi dulu ya....... “

Kurang lebih 30 menit kemudian Kartini sudah nampak lebih segar. Mungkin rasa penat keringatnya setelah mencuci baju sudah hilang. Aroma wangi pun tercium dari tubuhnya. Berbeda denganku yang masih saja berkutat dengan rasa gugup yang sedikit demi sedikit sudah bisa ku kendalikan. Ia melangkah menghampiri meja makan. Tangan lembutnya menuangkan sirup manis berwarna merah ke dalam gelas kaca dengan beberapa potong es batu.

“ Likah sudah menikah “ ucapku membuka pembicaraan.
“ Aku tau. Slamet sudah ngasih tau aku “
“ Oooo “
“ Likah kok nggak ngasih tau kita ya?? Kita kan temennya. “
“ Entahlah, mungkin dia pengen bikin kejutan buat kita “ jawabku sekenanya.
“ Nih, silahkan diminum. Sorry aku hanya punya itu aja “
“ Makasih, Tin “
Manis. Tapi aku tak terlalu suka rasa manis. Walau bagaimana pun juga aku menerimanya dengan senang hati. Setidaknya setiap teguknya bisa membantu mengurangi rasa gugupku.

“ Kamu ngerjain apa lagi, Tin?? “ tanyaku lagi.
“ Tugas “
“ Tugas apaan? “
“ Merangkum. Dosennya kuno banget. Masak dah punya buku masih disuruh merangkum “
“ Emang berapa halaman?? “
“ Satu buku!! “
“ Waduh “

Kartini nampak serius dengan pekerjaannya. Sebenarnya aku tidak ingin mengganggunya. Tapi aku sudah tak sabar lagi ingin mengungkapkan semua. Tak peduli walau rasa gugup itu masih ada. Aku yakin lidahku takkan keluh. Aku yakin perasaan ini tak bersalah. Dan yang terpenting, aku yakin Kartini akan mau mengerti perasaanku.

“ Tin, boleh ngganggu sebentar gak?? “
“ Ada apa? “ Dia menoleh dan menghentikan pekerjaannya.
“ Aku mo ngomong “
“ Soal apa? “
Aku menghela nafas sejenak.
“ Mungkin kamu dah tau kalo aku punya perasaan sayang ama kamu . . . . “
“ Oo yang itu . . . “ sela Tini.
Dia kembali meneruskan pekerjaannya dan tak lagi memandangku. Sepintas muncul rasa kecewaku namun aku tahan agar Kartini tidak mengetahuinya.

“ Selama ini aku selalu menutupi rasa cintaku ama kamu karena aku takut kamu akan menjauhiku kalo kamu tau perasaanku yang sebenarnya. Selama ini aku nggak merasa tenang. Karna itu mulai sekarang aku pengen secara terus terang mencintai kamu. “
“ Bagiku, temen ya temen. Aku ingin kita berdua temanan aja. Nggak usah yang aneh-aneh “
“ Loh?? Dari dulu kita kan teman. Hanya saja aku punya perasaan yang lebih pada kamu. “
Kartini pun diam.
“ Dengan aku ngomong gini bukan berarti aku memintamu untuk menyukaiku. Aku hanya pengen kamu tau. Itu aja. Dan kalo kamu pengen aku ngilangin perasaan ini, aku minta maaf aku gak bisa, aku dah nyoba “

Mungkin sekitar 10 menit kami saling diam. Mungkin aku sudah merasa lega walau ada sedikit kecewa yang terasa sakit di hati. Tapi bukankah aku sudah berteman akrab dengan kekecewaan itu?? Yang terpenting bagiku adalah aku sudah mengungkapkannya setelah 5 tahun ngendon dalam hati. Setelah 5 tahun perasaan ini terpendam akhirnya semua telah terucap.

Ku habiskan teguk terakhir minumanku. Aku berdiri dan mengambil jaket. Aku tak ingin berlama-lama dalam kebisuan.
“ Kamu mau kemana?? “ tanya Kartini
“ Pulang “
“ Kamu marah ya padaku?? “
“ Enggak kok. Biasa aja. Aku pulang emang udah siang. Aku juga mau men-scan foto. “
“ Maafin aku, Yan “ ucap Kartini.
“ Kamu gak salah. Aku yang minta maaf dah ngganguin kamu belajar. “
“ Gak papa kok “
“ Aku pulang . . . . . “


Sidoarjo, 13 April 2005

Tidak ada komentar: